Selamat datang di blog saya, kalau anda ingin sukses berbisnis secara Islami silahkan baca artikel-artikel dibawah ini, semoga bermanfaat....

Rabu, 06 Mei 2009

Bisnis Hati

Semua Kesulitan Bisa Anda Taklukkan, Asalkan Anda Yakin ….



Kesulitan - kesulitan hidup akan semakin mendewasakan dan menguatkan anda , hanya jika anda bersedia menghadapinya bukan menghindarinya. Tulisan ini saya dedikasikan untuk siapapun diantara anda yang saat ini sedang berhadapan dengan kesulitan kesulitan hidup yang tidak mudah anda atasi. Tetapi saya percaya kalau anda bekerja untuk mengatasinya dengan cara yang berbeda dan lebih cerdas , anda akan terheran -heran , ternyata anda bisa menaklukkan kesulitan kesulitan itu.

Yakinlah pada Allah, Saya lalu mengatakan bahwa semua perubahan pada diri kita itu datang sebagai buah dari 3 hal .
Pertama adalah buah keimanan atau keyakinan yang kuat kepada kemutlakan kekuasan Allah yang melampaui dan mengatasi seluruh hukum sebab akibat dialam semesta ini.
Kedua ádalah buah dari kerja keras berjuang menyampaikan rislah-Nya.
Ketiga adalah buah dari harapan dan kepasrahan total kepada-Nya.

Saya lalu meminta kawan-kawan saya untuk sejenak menulis masalah dan kesulitan besar yang mereka hadapi . Mereka lalu menyebut masalah jodoh , masalah hutang , masalah kerja dan lain – lain? Kemudian saya mengatakan, apa anda kira Tuhan akan mengantar jodoh , uang dan pekerjaaan kepada anda? apa anda kira bahwa semua masalah anda itu akan selesai secara ajaib dan gratisan begitu saja? Tidak tidak , anda harus memiliki 3 syarat agar mendapatkan jalan keluar dari masalah anda secara ajaib dan menakjubkan yaitu keyakinan , kerjakeras dan harapan serta kepasrahan total kepada-Nya .
Saya lalu menjelaskan bagaimna seorang laki laki yang terbelit hutang , yang datang kepada Nabi , lalu diajarkan doa : Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sedíh dan duka , dan aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas , dan aku berlindung kepada-Mu dari pengecut dan bakhil , dan aku berlindung kepada-Mu dari dililit hutang dan dikuasai orang lain , lalu beberapa waktu setelah itu dia dating menghadap Nabi untuk melaporkan bahwa hutangnya telah terbayar. Lagi lagi saya bertanya kepada kawan-kawan saya : apa anda kira orang ini hanya berdoa saja lalu Tuhan mengantarkan uang kepadanya untuk membayar hutangnya?. Tentu tidakan. Sesungguhnya memang doa itu menyimpan formula bagaimana menaklukkan kesulitan secara menakjubkan .Alhamdulillah saya sudah pernah menpraktekkannya selama dua kali. Dan dua kali pula , Allah benar benar membimbing saya menaklukkan kesulitan kesulitan hidup yang saya hadapi

Formula Pertama : Membangun Mental Positif dan Konstruktif Bagian pertama dari doa ini adalah Ya Allah aku berlindung kepadamu dari sedih ( HAMMI) dan duka ( HAZN) .Dua kata ini sedih ( HAMMI ) dan duka ( HAZN) memiliki hakekat yang sama yakni jiwa yang susah – stres – tertekan – sedang dalam keadaan negatif dsb.Tetapi HAMMI datang dari masa depan . Tepatnya HAMMI adalah jiwa yang susah –stress-tertekan dan sedang dalam keadaan negatif karena kita terlalu takut pada resiko masa depan .Sementara HAZN adalah jiwa yang susah –stress-tertekan dan sedang dalam keadaan negatif karena trauma berbagai peristiwa dan kejadian buruk masa lalu.. Jadi lewat doa ALLAHUMMA A’UDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZN Nabi hendak mengajarkan kita untuk bisa keluar dari dua perangkap kesedihan yang datang dari dua waktu yang berbeda .Sebab kalau tidak kita akan kehilangan harapan . Kita juga akan mengalami penurunan kualitas keyakinan dan kehilangan kemampuan untuk berpikir positif . Jadi yang harus dilakukan oleh setiap orang yang menghadapi problem berat dalam kehidupan ini adalah keluar dari perangkap kesedihan dan duka dan segera membangun mental positif dan konstruktif seperti optiimis , penuh harap , yakin bahwa dibalik setiap kesulitan selalu tersedia jalan keluar , sabar serta kepasrahan total kepada-Nya.

Formula Kedua :Mengambil Langkah Berani Mengambil resiko dan Mau Membayar semua Ongkos Jalan Menuju Penyelesaian. Banyak orang memiliki ijasah dari perguruan tinggi negeri , bahkan bergelar ini dan itu , tapi faktanya kemudian mereka seringkali gagal mendaki ketangga kesuksesan yang lebih tinggi. Mereka sering kita jumpai menjadi pengangguran terdidik .Jika ada masalah dan kesulitan tidak mudah bahkan tidak bisa mengatasinya .Penyebabnya adalah mentalitas pengecut dan pelit berkorban dengan semua sumberdaya yang dimilikinya .Inilah yang oleh Nabi diarahkan agar dihindari .Dengan demikian beliau mengarahkan kepada semua orang yang ingin berhasil dalam hidupnya agar berani mengambil resiko dan mau membayar semua ongkos yang dibutuhkan menuju suksesnya. Jadi sekarang rancanglah sejumlah langkah baru dengan lebih berani mengambil resiko untuk keluar dari kesulitan kesulitan anda , serta berikanlah lebih banyak lagi waktu , tenaga, pikiran dan uang anda sebagai biayanya.

Formul Ketiga : Selalu Berusaha Menjadi Pribadi Mandiri Secara psikologis memang kita lebih suka memilih berhutang budi dengan mudah menerima uluran bantuan orang lain kepada kita , tetapi kita umumnya tidak sadar bahwa dalam rentang waktu yang panjang ini akan menimbulkan kebiasaan untuk selalu bergatung kepada orang lain . Untuk beberapa saat , ketika kita tidak mampu menghadapi dan menyelesaikan problem yang kita hadapi , bolehlah kita meminta bantuan orang lain . Tetapi selanjutnya kita harus mengembankan kemandirian dalam menghadapi tantangan – tantangan yang kita hadapi , karena tidak selamanya kita memiliki kesempatan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Itulah sebabnya akhir dari arahan Nabi dalam doa yang diajarkannya kepada laki laki yang datang kepadanya adalah : dan aku berlindung kepada-Mu dari dililit hutang dan dikuasai orang lain.

Saudara – saudaraku, andai kata tujuan sudah ditetapkan sepelan apapun kita bergerak insyaallah merupakan suatu kemajuan. Tapi bagi orang yang tujuannya tidak tetap, segigih apapun bergerak bisa jadi menuju kehancuran. Oleh karena itu kalau kita berbicara bisnis itu tergantung tujuannya apa. Ada yang tujuannya hanya uang, ada yang tujuannya kepuasan.
.
Bagi kami dalam menjalankan suatu bisnis, uang itu nomor sekian…

Pertama, yang namanya untung itu kalau bisnis ini menjadi amal. karena kita semua pasti mati dan yang dibawa ke akhirat itu bukan uangnya tapi amalnya. Oleh karena itu sejak mulai dari niat harus benar kalau niat sudah salah, cara juga salah, tindakan kita tidak akan menjadi amal walaupun mungkin menghasilkan uang. Namun untuk apa itu semua, karena uang tidak bisa kita bawa mati.

Kedua, yang disebut untung adalah, kalau dalam bisnis, nama kita menjadi semakin lebih baik. Nabi Muhammad itu benar – benar menjadi orang yang sangat credible, Al Amien seorang yang sangat – sangat terpercaya. Orang tidak ragu saja kepada perkatannya. Makanya bagi kami bisnis itu kecil, tapi nama baik itu yang sangat penting

Ketiga, yang namanya untung itu ketika dalam bisnis, kita bisa manambah ilmu, karena tanpa penambahan ilmu, pengalaman dan wawasan, keuntungan yang didapat bisa menjadi bumerang. Segalanya berubah dalam hidup ini, bagaimana mungkin menyikapinya tanpa kemampuan yang berubah. Saat ini untung, tapi besok lusa bisa jadi keuntungan ini akan menjadi sumber kerugian. Makanya keuntungan berupa uang yang tidak meng - upgrade diri kita, itu sebetulnya tidak untung.
Yang keempat, keuntungan adalah ketika dengan bisnis, menambah silaturahmi, menambah saudara, karena persaudaraan itu mahal. Buat apa mempunyai uang banyak kalau musuh juga bertambah. sekali digarong, atau dibui, harta akan habis dan percuma. Jadi orientasi dalam bisnis itu adalah bagaimana semakin menambah saudara. Tidak begitu untung barangkali tidak apa – apa, tetapi saudara bertambah. Kalau orang sudah sayang ke kita, dia akan menjadi tim marketing kita.

Dan yang kelima, yang disebut keuntungan bagi bisnis yang bernuansa religi adalah bagaimana dengan bisnis makin banyak orang yang mendapatkan keuntungan. Karena setiap orang yang beruntung, yang menjadi bagian dari bisnis kita, itu akan menjadikan kebagian diri kita pula.

Konsep – konsep tersebut di atas tidak hanya ideal, tapi realistis karena kita sudah menjalani dan terbukti untung besar, kami tidak tertarik pada uang haram, untuk apa? Logikanya sederhana, Allah yang menyuruh jujur, Allah yang member rezeki, untuk apa harus tidak jujur?

Disinilah kekuatan kita membangun bisnis DBS sehingga menjadi besar seperti sekarang ini…. Dzikir Fikir Ikhtiar Tawakkal BISMILLAH……….


Sugeng Priyadi, ST
Leader & Trainer Bisnis Hati - www.duta4future.net/bisnishati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar